Khutbah I
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَمَرَ بِالصِّدْقِ فِى الْأَقْوَالِ وَالْأَفْعَالِ. وَأَثْنَى عَلَى الصَّادِقِيْنَ بِالْفَضْلِ وَالْكَمَالِ. وَأشْهَدُ أنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ الْكَبِيْرُ الْمُتَعَالُ. وَأشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهَ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ مَنْ نَطَقَ وَقَالَ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأصْحَابِهِ خَيْرِ صَحْبٍ وَآلٍ.
أمَّا بَعْدُ: فَيَاأيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.
Ma’asyirol muslimin, hafidhokumulloh
Marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah swt dengan sebenar-benar taqwa, melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjahui larangan-larangan-Nya.
Ma’asyirol muslimin, hafidhokumulloh
Bulan Robi’ul Awwal adalah bulan, dimana Rasulallah saw dilahirkan, bulan di mana beliau hijrah ke Madinah. Sekaligus bulan, dimana beliau diwafatkan. Bulan yang telah Allah pilih untuk lahir padanya pemimpin seluruh umat manusia, bahkan pemimpin seluruh makhluk, yaitu Rasulallah Muhammad saw. Beliau tidak hanya diutus untuk umatnya saja, namun juga berkah untuk semua makhluk Alloh. Beliau merupakan penutup para nabi dan rasul dengan membawa risalah penyempurna bagi risalah-risalah sebelumnya.
Ada beberapa aspek kenabian dan kerasulan Muhammad saw yang terkandung dalam hadits berikut:
إِنِّى عِنْدَ اللَّهِ فِى أُمِّ الْكِتَابِ لَخَاتَمُ النَّبِيِّيْنَ, وَإِنَّ آدَمَ لَمُنْجَدِلٌ فِى طِيْنَتِهِ, وَسَأُنَبِّئُكُمْ بِتَأْوِيْلِ ذَلِكَ, دَعْوَةِ أَبِى إِبْرَاهِيْمَ وَبِشَارَةِ عِيْسَى قَوْمَهُ وَرُؤْيَا أُمِّى الَّتِى رَأَتْ أَنَّهُ خَرَجَ مِنْهَا نُوْرٌ أَضَائَتْ لَهُ قُصُوْرُ الشَّامِ (رواه أحمدُ)
“Sungguh aku di sisi Allah dalam ummul kitab (lauh mahfudh) adalah penutup para nabi. Sungguh pada waktu itu Adam masih berada di dalam tanah yang menjadi bahan penciptaannya. Aku akan menjelaskan kepada kalian takwilnya. Aku adalah doa ayahku Ibrahim, bisyarah (kabar gembira) Isa kepada kaumnya, dan mimpi ibuku yang melihat cahaya keluar dari dirinya sehingga terlihat jelas baginya istana-istana Syam.” (HR. Ahmad)
Dari hadits di atas para ulama’ menyimpulkan beberapa pelajaran penting sebagai berikut:
Pertama, penetapan kenabian Muhammad saw terjadi sebelum penciptaan Adam sebagai manusia. Dalam riwayat lain, Abu Hurairah ra menuturkan:
قَالُوْا يَارَسُوْلَ اللَّهِ مَتَى وَجَبَتْ لَكَ النُّبُوَّةُ, قَالَّ: وَآدَمُ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالْجَسَدِ (رواه الترميذيُّ)
“Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulalloh, kapan kenabian ditetapkan untukmu? Beliau menjawab, “Pada waktu Adam masih berada diantara ruh dan jasad.” (HR. Tirmidzi)
Kedua, nabi Muhammad saw adalah penutup para nabi dan rasul. Jadi tidak ada nabi dan rasul setelah beliau. Disebutkan dalam al-Qur’an:
مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا
“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu tetapi dia adalah Rasulallah dan penutup nabi-nabi.” (QS. Al-Ahzab 40)
Dalam sebuah hadits dijelaskan:
عَنْ اَنَسِ بْنِ ماَلِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ اِنَّ الرِّسَالَةَ وَالنُّبُوَّةَ قَدْ اِنْقَطَعَتْ فَلاَ رَسُوْلَ بَعْدِى وَلاَ نَبِيَّ. (رواه احمد)
Dari Anas bin Malik bahwa ia berkata,“Rasulullah bersabda, Kerasulan dan kenabian telah terputus, tidak ada lagi rasul dan nabi sesudahku.” (HR. Ahmad)
Oleh karenanya, barang siapa yang mengaku menjadi nabi atau rasul, dan barangsiapa yang meyakini ada nabi atau rasul baru setelah beliau, maka ini adalah kebodohan serta kebohongan yang sangat menggelikan.
Ma’asyirol muslimin, hafidhokumulloh
Ketiga, kenabian Muhammad saw itu adalah berkah doa nabi Ibrahim as. Allah swt berfirman:
رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيْهِمْ رَسُوْلًا مِّنْهُمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيْهِمْ ۗ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ
“Ya Robb kami, utuslah untuk mereka seorang rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka al-Kitab (al-Qur’an) dan al-Hikamh (as-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Mahakuasa lagi Mahabijaksana.” (QS. Al-Baqarah 129)
Allah swt mengabulkan doa nabi Ibrahim as dan mengutus seorang nabi dan rasul yang memiliki sifat-sifat seperti yang dimohonkannya.
Keempat, kenabian dan kerasualan Muhammad saw sudah dikabarkan Isa bin Maryam as kepada kaumnya. Allah berfirman:
وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰىةِ وَمُبَشِّرًاۢ بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗٓ اَحْمَدُۗ
“Dan (ingatlah), ketika Isa ibnu Maryam berkata,”Hai bani israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” (QS. Ash-Shaff 6)
Kelima, mimpi ibunda nabi Muhammad saw ketika melahirkan beliau, bahwa ia melihat cahaya keluar dari dirinya, sehingga dari cahaya itu, ia dapat melihat dengan jelasa istana-istana Syam. Bahkan, sebagian ulama’ mengatakan bahawa ibunda nabi saw melihat cahaya itu dalam keadaan terjaga.
Ma’asyirol muslimin, hafidhokumulloh
Alhasil, hadits di atas sebagai petunjuk yang jelas bahwa kenabian dan kerasulan baginda nabi Muhammad saw telah ditetapkan jauh sebelum beliau dilahirkan di dunia ini. Hanya saja kelahiran dan pengangkatan beliau sebagai nabi dan rasul menunggu lahirnya generasi terbaik, yakni generasi sahabat yang akan mengiringi kerasulan beliau. Dalam sebuah hadits beliau bersabda:
بُعِثْتُ مِنْ خَيْرِ قُرُوْنِ بَنِى أدَمَ, قَرْنًا فَقَرْنًا, حَتَّى كُنْتُ مِنَ الْقَرْنِ الَّذِى كُنْتُ فِيْهِ (رواه البخاريُّ)
“Aku diutus dari sebaik-baik generasi anak Adam, generasi demi generasi telah lewat hingga datang generasi yang aku berada di dalamnya.” HR. Bukhari)
وَاللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى يَقُوْلُ, وَبِقّوْلِهِ يَهْتَدِى الْمُهْتَدُوْنَ. أعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ, لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ. فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ.
بَارَكَ اللَّهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِى وَإيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّى وَمِنْكُمْ تِلَاوََتَهُ, إنَّهُ جَوَادٌ كَرِيْمُ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ.
Khutbah II
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ اللَّهُمَّ ارْفَعْ وَادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْن وّقَرَنَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ وَالْفِتَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ والْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةَ. رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيأ حَسَنَةً, وَفِى ألآخِرَةِ حَسَنَةً, وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعّالّمِيْنَ.
عِبَادَ اللهِ. إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ. وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُؤْتِكُمْ. وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.
Muqorrobin
Wakil Katib PCNU Ponorogo