NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

AISCO MTs/MA Ma’arif Al-Mukarrom Dorong Penggunaan Medsos Secara Positif

Pemberian hadiah kepada para pemenang lomba AISCO
Pemberian hadiah kepada para pemenang lomba AISCO

NU Online Ponorogo – Tahun 2021 ini MTs/MA Maarif Al-Mukarrom Kauman genap berusia 52 tahun. Untuk merayakan harlahnya madrasah legendaris ini menggelar Al-Mukarrom Islamic Science Competion atau AISCO. AISCO digelar MTs/MA Al-Mukarrom bekerjasama dengan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kauman, Kabupaten Ponorogo. Gelaran ini sekaligus menjadi ajang promosi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Berbagai lomba yang dikemas dalam AISCO ini diikuti 200 peserta didik tingkat SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Ponorogo. Adapun tema AISCO ini adalah “Media Sosial Ajang Kreatifitas Anak Bangsa.”

Sarach Nur Wahidah Ketua PK IPPNU Al-Mukarrom menyebut tema media sosial sengaja diangkat untuk mendorong kaum milineal untuk memanfaatkan teknologi informasi secara positif.

“Dengan diadakannya lomba ini diharapkan bisa mengembangkan bakat maupun minat generasi bangsa meski dimasa pandemi,” ujar Sarach.

Rangkaian AISCO dimulai 10 Maret 2021 sampai dengan 6 April 2021 di MTs, terdiri enam jenis lomba. Untuk tingkat SD/MI diagendakan lomba adzan, hafalan juz Amma, dan hafalan do’a harian. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs dilombakan MTQ, baca puisi, dan cover lagu.

Peserta tingkat SD/MI diharuskan merekam penampilannya, lalu file dikirim lewat email panitia. Sedangkan rekaman penampilan peserta tingkat SMP/MA diunggah ke akun Instagram panitia.

“Lomba ini tidak dipungut biaya alias gratis,” ungkap Sarach.

Pengumumuman pemenang digelar, Selasa (6/4) di MTs/MA Al-Mukarrom. Setiap lomba diambil juara 1, 2, dan 3 selain ditentukan pula juara favorit untuk tingkat SD/MI dan juara umum untuk tingkat SMP/MTs. Masing-masing juara mendapatkan uang pembinaan, tropi dan piagam penghargaan dari MTs/MA Al-Mukarrom. Khusus juara favorit dan juara umum, selain mendapat uang pembinaan dan piagam penghargaan dari panitia, juga berhak memboyong tropi dari LP Maarif NU Cabang Ponorogo.

Juara favorit diraih Radhit Maulana Khalifa dari MIN 2 Ponorogo, sedangkan MTs Al Azhar memperoleh gelar juara umum.

Atas kesuksesan AISCO ini Kepala MA Al-Mukarom Eni Zahroh mengharapkan penyelenggaraan kegiatan sejenis ke depannya menjadi lebih kompetitif.

“Harapan kami semoga ajang ini menjadi ajang kompetisi yang kompetitif bagi peserta dengan semangat untuk berprestasi, sekaligus sebagai syiar yang Islami,” kata Eny Zahroh.

Reporter: Husnul
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera