NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Putaran Pertama Gerakan KOIN NU, UPZIS Lazisnu Mrican Peroleh Jutaan Rupiah

NU online Ponorogo – Lazisnu Pengurus Ranting NU Mrican, Jenangan berhasil menerapkan pengelolaan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN) dengan tahapan yang sistematis. Tahapan pertama yang dimulai Nopember ini terdiri dari tahapan Sosialisasi dilanjutkan pendataan anggota dan puncaknya pengumpulan infaq.

Para aktifis UPZIS Lazisnu Mrican tengah memungut KOIN NU di rumah salah satu warga NU
Para aktifis UPZIS Lazisnu Mrican tengah memungut KOIN NU di rumah salah satu warga NU

“Alhamdulilah, rangkaian proses dari gerakan KOIN NU putaran pertama pada bulan November ini mulai tahap sosialisasi,pendataan anggota,dan pengumpulan infaq berjalan dengan lancar,” ungkap Nasroh Wahab Sya’roni Ketua Lazisnu PRNU Mrican kepada NU online Ponorogo (1/12).

Banner UPZIS Lazisnu Mrican KOIN NU
Banner UPZIS Lazisnu Mrican KOIN NU

Lebih lanjut dijelaskan Nasroh, pengumpulan KOIN NU dapat berhasil karena didukung berbagai jaringan NU Ranting Mrican. Dukungan terbesar berasal Unit Pemungutan Zakat Infaq Shadaqah (UPZIS) dari unsur masjid-mushola, Anak Ranting. Para pengurus Banom NU tingkat Ranting dan seluruh warga NU tidak ketinggalan untuk mendukung program KOIN NU.

“UPZIS ada 6, yaitu masjid al-Muttaqin Pondok, musholla al-Barokah Bandrek, masjid Darul Hikmah Krajan, masjid Baitul Ihsan nJali, masjid al-Huda Suling dan Anak Ranting Klego,” terang Nasroh .

Perolehan KOIN NU tahap pertama, sebut Nasroh, sebesar Rp.5.252.100,- . Hasil ini kemudian dibagi untuk petugas Rp.525.700,- dan untuk JPIZ sebesar Rp.3.677.100,-. Elemen lain yang juga mendapat pembagian adalah PRNU Mrican Rp.658.800,- dan MWC NU Rp.261.000,- serta PCNU berhak menerima Rp.129.500,-

“Prosentase pembagian hasil ini sudah tersistem di aplikasi excel, jadi memudahkan pengurus menghitung jumlah dananya,” ujar Nasroh.

Laporan Keuangan KOIN NU UPZIS Lazisnu Mrican dan Pembagian Infaq
Laporan Keuangan KOIN NU UPZIS Lazisnu Mrican dan Pembagian Infaq

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada anggota, sejak tahap pertama ini pengurus Laziznu PRNU Mrican mengumumkan perolehan dan pembagian hasil KOIN NU, baik print out ditempel di papan pengumuman maupun media sosial.

“Laporan setiap tahapan dilaporkan medsos sekaligus bisa menjadi sarana pengurus untuk mengucapkan terimakasih kepada para Juru Pungut ZIS yang telah bahu membahu mengumpulkan KOIN NU,” imbuh Nasroh.

Ketua PRNU Mrican Hakim Pribadi menyambut gembira hasil perolehan KOIN NU tahap pertama ini. Menurutnya, Koin NU gerakan sebagai sarana membuka kesadaran untuk selalu bersedekah setiap hari.

“Walau dengan uang receh yang kedengaranya remeh, akan tetapi ketika terkumpul menjadi besar bisa untuk membantu sesama,” katanya.

Ditambahkan Hakim, PRNU Mrican akan terus menggerakkan organisasi NU beserta Banom NU di Ranting Mrican untuk ikut membantu Lazisnu.

“Untuk menambah kepercayaan warga NU pada gerakan KOIN NU, saya mengajak kebersamaan pandangan dan langkah disetiap JPZIS Masjid-Mushola NU yang ada di Ranting Mrican,” pungkasnya. (dam)

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera