NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Animo Calon Mahasiswa Akafarma Sunan Giri Dari Luar Jawa Meningkat

Logo Akafarma
Logo Akafarma

NU Online Ponorogo – Akademi Analis Farmasi dan Makanan atau Akafarma Sunan Giri Ponorogo kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Saat ini kampus yang menjadi salah satu anggota Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama atau LPTNU ini membuka dua jurusan, jurusan Analis Farmasi dan jurusan Farmasi.

Untuk menjaring calon mahasiswa Akafarma menawarkan berbagai beasiswa, meski juga membuka kelas reguler dan kelas karyawan. Kedua jenis kelas ini tetap dikenakan biaya pendidikan, biaya kuliah dan biaya-biaya lainnya. Berbeda dengan kuliah kelas reguler, mahasiswa kelas karyawan diberlakukan waktu kuliah setiap 3 bulan satu kali pada hari Jum’at dan Sabtu.

Yaya Sulthon Aziz ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Akafarma Sunan Giri dalam keterangan rilis yang diterima NU online Ponorogo (22/6) membenarkan tawaran beasiswa menjadi salah strategi penjaringan calon mahasiswa.

Beasiswa diberikan terutama bagi warga Nahdiyin yang ingin menekuni dunia farmasi. “Mari pergunakan beasiswa yang ada untuk meraih mimpi menjadi insan yang profesional dan kredibel bersama Akafarma Sunan Giri Ponorogo,” tulis Yaya di keterangan rilisnya.

Seorang Pengawas serius mengawasi peserta tes potensi akademik mengerjakan soal
Seorang Pengawas serius mengawasi peserta tes potensi akademik mengerjakan soal

Meski dengan kuota terbatas, calon mahasiwa dapat mengajukan beasiswa melalui jalur beasiswa prestasi, KIP-Kuliah, yatim piatu, dana hibah dan penghafal al-Qur’an 30 Juz.

Lebih lanjut Yaya menyebutkan, beasiswa jalur prestasi hanya bisa diakses calon mahasiswa yang memiliki minimal 2 lembar sertifikat penghargaan di bidang apapun. “Minimal peringkat 5 besar dengan menunjukkan minimal 2 lembar sertifikat penghargaan,” ungkapnya.

Beasiswa jalur prestasi mendapat pemotongan DPP 50 % dalam satu tahun dan potongan biaya kuliah 40 % dari biaya pendidikan reguler.

Sebagaimana Perguruan Tinggi lainnya, Akfarma menyediakan beasiswa KIP-kuliah dengan fasilitas bebas semua biaya pendidikan. Pembebasan biaya pendidikan, lanjut Yaya, juga dapat diperoleh mahasiswa dari kalangan yatim-piatu, ditambah bebas biaya seragam dan DPP. Mahasiswa yang mampu menunjukkan kemampuan dalam menghafal al-Qur’an 30 juz dibebaskan DPP per bulan.

Sampai berita ini ditulis Akafarma Sunan Giri masih membuka pendaftaran gelombang IV, mulai 14 Juli 2021 hingga 16 Agustus 2021. Para calon mahasiswa gelombang sebelumnya telah mengikuti tes kemampuan akademik yang dilaksanakan secara offline dan online. “Mahasiwa dari luar pulau Jawa atau di luar karesidenan Madiun mengikuti tes secara online,” imbuhnya.

Strategi penawaran beasiswa ini terbukti dapat meningkatkan animo calon mahasiswa. Ini diakui Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LP3) H.M. Asadudin Luqman. “Jumlah calon mahasiswa meningkat, bahkan calon mahasiwa yang berasal dari Luar Jawa meningkat,” terang Luqman kepada NU online Ponrogo.

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera