NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

PMII Budi Utomo Belajar Ansos di PCNU

PK PMII Budi Utomo menggelar Pelatihan Analisa Sosial di Aula PCNU Ponorogo, Sabtu (21/8)
PK PMII Budi Utomo menggelar Pelatihan Analisa Sosial di Aula PCNU Ponorogo, Sabtu (21/8)

NU Online Ponorogo – Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Budi Utomo Unmuh Ponorogo mengadakan pelatihan Analis Sosial, Sabtu (21/8). Pelatihan yang digelar sehari penuh dan diikuti 25 peserta kader PMII itu diselenggarakan di Aula Kantor PCNU Jalan KH Ahmad Dahlan 60 Ponorogo.

Ketua PK PMII Budi Utomo Agus Pranoto mengatakan, pelatihan Analisa Sosial ini merupakan agenda rutin organisasi yang harus diikuti setiap kader. “Ini adalah bentuk ikhtiar kami dalam mengembangkan kualitas dan intelektualitas kader, khususnya di bidang sosial dan politik,” kata Agus.

Dengan mengikuti pelatihan Analisa Sosial, kata Agus, setiap kader PMII Budi Utomo diharapkan bisa memiliki wawasan dan kemampuan di bidang sosial politik. Melalui pelatihan ini, peserta diajarkan bagaimana membaca dan memahami realitas sosial di sekitar. Dari situ diharapkan bisa merumuskan pemetaan masalah untuk selanjutnya melakukan perubahan. “Mereka harus bisa jadi agent of social control yang sebenarnya,” tegasnya.

Ketua Panitia, Reyhan Bayu Harjoko, menambahkan bahwa kemampuan di bidang Analisa Sosial membutuhkan proses berkelanjutan. Tidak hanya berhenti pada pelatihan saja. “Paska pelatihan nanti, akan kita terjunkan langsung di tengah masyarakat supaya mereka bisa mengaplikasikan ilmunya. Kita ingin pelatihan ini benar-benar punya nilai manfaat untuk peserta,” harap Reyhan.

Dikatakan Reyhan, pelatihan Analisa Sosial ini penting untuk bekal bagi seorang kader. Apalagi, di tengah suasana pragmatisme dan hedonisme seperti sekarang. Banyak mahasiswa yang tidak lagi memiliki kepekaan terhadap kondisi di sekitarnya. Sebagian mahasiswa terlalu asyik dengan dunia akademis di kampus, sebagian lainnya hanya menghabiskan waktu dengan bersenang-senang.

“Mereka lupa bahwa mahasiswa juga punya tanggung jawab sebagai agen perubahan. Dengan mengikuti pelatihan ini, kita berharap mereka menjadi kader PMII yang mampu membuat gebrakan baru untuk melakukan perubahan sosial,” tandasnya.

Mengingat pentingnya kemampuan di bidang Analisa Sosial, kata Rehan, panitia menghadirkan alumni juga praktisi sebagai pemateri. Di antaranya Sigit Nur Cahyo (alumni PK PMII Budi Utomo Unmuh Ponorogo), Dian Suluh (dosen Unmuh Ponorogo), Supra Yitno tenaga ahli DPR RI.

 

Reporter : Erza

Editor : Lege

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera