NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Sambut HUT RI Ke-76, Lesbumi Ponorogo Agendakan Pentas Karya Virtual

Sesi latihan pentas karya virtual, salah satu peserta tengah mengikuti dubbing di kantor Lazisnu Cabang Ponorogo
Sesi latihan pentas karya virtual, salah satu peserta tengah mengikuti dubbing di kantor Lazisnu Cabang Ponorogo

NU Online Ponorogo – Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Ponorogo mulai membidik kalangan milenial sebagai partner pengembangan kesenian lokal bernafaskan Islam. Salah satunya potensi seni pelajar di lingkungan LP Ma’arif dirancang untuk diorbitkan agar dikenal publik.

Sebagai puncak program Lesbumi PCNU Ponorogo akan menggelar Pentas Karya Virtual, akhir Juli hingga pertengahan Agustus tahun ini. Gelaran ini sekaligus dirancang untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021.

“Tujuannya menggali potensi seni dari kader muda NU dan menanamkan kesadaran berkesenian sebagai sarana dakwah,” terang Ahmad Sauji Ketua Lesbumi PCNU Ponorogo melalui keterangan rilis yang diterima NU online Ponorogo.

Format virtual ini dipilih karena saat ini pandemi Covid-19 belum ada tanda-tanda akan berakhir. Di sisi lain, kaum milenial sudah sangat akrab dengan dunia medsos, sehingga karya seni dalam pentas karya virtual akan mendapat akses yang baik.

Sauji menyebutkan sejumlah karya yang direncanakan akan dipentaskan secara virtual, di antaranya seni musik, karya lagu hasil gubahan Sanggar Musik Lesbumi, seni tari dan reyog Santri. Dua jenis seni terakhir akan diisi oleh siswa-siswi SMP Maarif 1 Ponorogo.

Dijelaskan Sauji selanjutnya, dalam latihan para pengisi acara dibimbing beberapa pelatih tari dari Sanggar Seni Kiai Ageng Mirah dan Lesbumi PCNU Ponorogo.

“Semua performance akan disiarkan langsung melalui beberapa chanel Youtobe, IG dan FB,” tandas Sauji.

Pentas karya virtual dijadwalkan akan berlangsung secara berseri, mulai Sabtu (25/7) hingga Selasa (17/8) mendatang. Rangkaian persiapan, mulai pemilihan materi lagu, sesi latihan dan teknis lainnya dimulai, Kamis (8/7) hingga Senin (12/7). “Sekarang ini jadwalnya tim musik melakukan pengambilan audio,” imbuh Sauji.

Di sela-sela pengambilan karya seni virtual, Lesbumi PCNU Ponorogo juga menyisipkan rubrik Jagongan bedah karya musik secara virtual, meliputi isi syair hingga iramanya. “Dalam bedah karya ini akan di hadiri beberapa seniman di Ponorogo,” terang Sauji.

NU online Ponorogo juga akan meliput beberapa sesi acara yang direncanakan akan digelar setiap tahun ini.

Reporter: Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera