NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Wabup Ponorogo Santuni Anak Yatim Di Sambit, NU Care-Lazisnu Tebar Sembako

Wabup Ponorogo Lisdyarita menyampaikan sambutan sebelum ikut memberikan santunan anak yatim
Wabup Ponorogo Lisdyarita menyampaikan sambutan sebelum ikut memberikan santunan anak yatim

NU Online Ponorogo – Dalam rangka Idul Yatama yang jatuh pada 10 Muharram MWC NU Sambit menyelenggarakan santunan anak yatim dan du’afa, Kamis (19/8). Acara yang digelar di Balai Desa Kemuning ini dihadiri Wakil Bupati Ponorogo Hj. Lisdyarita, S.H. Dari PCNU turut hadir Wakil Ketua KH. Halwani Syukron.

Menurut keterangan rilis panitia, MWC NU didukung seluruh pengurus Ranting dan Banom NU berhasil mengumpulkan donasi sekitar 68 juta rupiah. Jumlah ini dibagikan untuk 100 anak yatim.

Karena alasan memenuhi ketentuan jaga jarak dan mengjindari kerumunan, hanya 5 orang anak dari setiap Desa yang menerima santunan langsung di tempat acara. Khusus untuk Desa Kemuning, panitia menghadirkan 10 anak. Selebihnya pengurus Ranting NU yang mendistribusikan santunan kepada anak yatim yang telah terdaftar di Desanya masing-masing.

“Penggalian dana dengan proposal yang diedarkan ke ranting NU oleh pengurus ranting, lalu disetor ke panitia secara bertahap,” begitu sebut salah satu butir keterangan rilis panitia.

Pada kesempatan itu Wabup Lisdyarita juga memberikan santunan uang untuk 25 anak yatim. Dalam sambutannya ia mengpresiasi kegiatan santunan anak yatim hari itu. “Mari ber-fastabiaul khairat dalam memperhatikan anak yatim,” katanya sebagaimana dikutip keterangan rilis panitia.

Tak lupa Wabup Lisdyarita menyelipkan himbauan agar masyarakat yang mengalami gejala sakit atau sesak nafas untuk segera ke rumah sakit.

Di sisi lain, NU Care-Lazisnu Ponorogo pada kesempatan itu ikut menyalurkan 100 paket sembako untuk duafa. Santunan diserahkan langsung ketuanya H. Thohir Fauzi bersama pengurus lainnya.

“Ini (paket sembako, Red) dari zakat, mal,” kata H. Thohir kepada NU online Ponorogo (19/8).

Para anak Yatim di Mrican, Jenanga. menerina santunan dari NU Care-Lazisnu
Para anak Yatim di Mrican, Jenanga. menerina santunan dari NU Care-Lazisnu

Dikatakan H. Thohir, selain penyaluran paket sembako di Sambit pihaknya juga memberikan santunan di Mrican (Jenangan) dan Pohijo (Sampung).

Dari informasi yang diterima NU online Ponorogo lainnya, beberapa NU Care Lazisnu Ranting dan lembaga pendidikan NU juga mengadakan kegiatan Idul Yatama.

NU Care-Lazisnu Ranting Tanjungsari (Jenangan) melaporkan tahun ini berhasil mengumpulkan donasi Rp.33.750,00.

“Untuk anak yatim diberi santunan satu juta rupiah per anak, dan duafa menerima seratus lima puluh ribu rupiah,” jelas pengurus NU Care-Lazisnu Tanjungsari dalam keterangan rilis (19/8).

Nasroh Wahab Sya’roni ketua NU Care-Lazisnu Mrican (Jenangan) melaporkan, tahun ini lembaganya berhasil menghimpun dana sebesar Rp. 28.436.000,-. Disebutkannya, dana itu didapatkan dari donasi khusus “Yatiman” dan gerakan koin NU.

“Alhamdulillah, selain kami salurkan untuk 12 anak di Mrican, juga untuk Santri LKSA Al Ikhlas dan disalurkan juga untuk PAC Fatayat Jenangan,” katanya kepada NU online Ponorogo, Jum’at (28/8).

Sementara itu, Takmir masjid Al Ikhlas Karangtalok dan MI Maarif 1 Babadan berhasil menyalurkan dana Rp. 20.820.000,- yang diperoleh dari donasi jama’ah dan dermawan.

Reporter: Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera