NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Fadhilah Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali Setelah Sholat Subuh

Fadhilah Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali Setelah Sholat Subuh
Fadhilah Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali Setelah Sholat Subuh

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh…

Bismillahirrahmanirrahim…
Shollallahu’alaa Muhammad…

Umat Islam tentu tak asing dengan Surat Al-Ikhlas (الإخلاص). Surat yang terdiri dari 4 ayat ini sangat populer karena selain mudah dihafal juga memiliki fadhilah (keutamaan) luar biasa.

Surat ke-112 dalam Al-Qur’an ini berisi kandungan yang menegaskan keesaan Allah Ta’ala dan menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya.

Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah, Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menerangkan keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas 10 kali setelah sholat Subuh.

Diriwayatkan dari Ali bin Abu Tholib bahwa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa membaca Surat Al-Ikhlas setelah sholat Subuh sebanyak 10 kali maka tidak ada suatu dosa yang menimpanya pada hari itu meskipun setan berusaha menggodanya. Surat Al-Ikhlas adalah Surat Makkiyyah (yang diturunkan ketika Rasulullah berada di Mekkah).”

Surat itu memiliki 4 (empat ayat), 15 kalimat, dan 47 huruf. Diriwayatkan dari Ubay bin Kaab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca Surat Al-Ikhlas satu kali maka ia diberi pahala sebanyak pahala 100 orang mati syahid.”

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak satu kali maka seolah-olah ia telah membaca 1/3 Al-Qur’an. Dan barang siapa membacanya dua kali maka seolah-olah ia telah membaca 2/3 Al-Qur’an. Dan barang siapa membacanya tiga kali maka seolah-olah ia telah membaca seluruh Al-Qur’an. Barang siapa membacanya sebanyak 11 kali maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga yang terbuat dari intan merah.”

Surat Al-Ikhlas Adalah Pelebur Utang

Dikisahkan, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam sedang duduk di pintu Kota Madinah. Tiba-tiba ada jenazah mayit laki-laki lewat yang digotong oleh orang-orang. Beliau bertanya: “Apakah mayit itu masih memiliki kewajiban hutang?” Orang-orang menjawab: “Ia masih memiliki kewajiban membayar utang 4 (empat) Dirham.”

“Sholatilah sendiri mayit itu! Karena aku tidak mau mensholati orang yang ketika masih hidup memiliki kewajiban membayar utang 4 (empat) dirham kemudian ia mati dan belum membayarnya,” kata Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam.

Kemudian Malaikat Jibril turun menemui Rasulullah dan berkata: “Hai Muhammad! Allah menitipkan salam untukmu. Dia berkata: ‘Aku mengutus Jibril dengan menjelma seorang manusia dan membayarkan utang mayit itu.’ Dia juga berkata: “Berdirilah dan sholatilah mayit itu karena ia telah diampuni. Barang siapa mensholati jenazah mayit itu maka Allah akan mengampuninya.”

Rasulullah kemudian bertanya: “Wahai saudaraku, Jibril! Darimana mayit itu mendapatkan kemuliaan ini?”

Jibril menjawab: “Ia setiap hari membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 100 kali. Surat itu mengandung sifat-sifat Allah dan pujaan-pujaan untuk-Nya. Allah berfirman: “Barang siapa membaca Surat al-Ikhlas satu kali seumur hidup maka ia tidak akan keluar dari dunia kecuali ia akan melihat tempatnya di surga, terutama membacanya di sholat-sholat lima waktu setiap hari sedemikian kali, maka itu akan mensyafaatinya besok di Hari Kiamat dan mensyafaati seluruh kerabatnya, yaitu orang-orang yang telah ditetapkan masuk neraka terlebih dahulu.”

Demikian dahsyatnya keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas. Umat Islam hendaknya memperbanyak membaca Surat ini dan mentadaburi maknanya.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Qul Huwallaahu Ahad. Allaahush Shomad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakul lahuu kufuwan Ahad.

Artinya: “Katakanlah (Muhammad): “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.” (QS Al-Ikhlas: Ayat 1-4)

Selamat beraktifitas pada hari ini

Ya Allah… Mudahkan lesan ini tuk selalu bisa membaca kalamMu…
Ya Allah… Hanya kepada Mu kami memohon dan hanya kepada Mu kami berlindung… Amiin

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mari kita sukseskan perhelatan akbar Mujahadah Kader | -= Tegalsari - 19 Juni 2022 =- |