NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

IHM Jenangan Kembali Aktif Gelar Semaan Alquran

NU online Ponorogo – Ikatan Hafidzah Muslimat (IHM) Jenangan dan PR Muslimat NU menggelar semaan Alquran di Tanjungsari, Ahad (6/12).
Acara digelar di kediaman Kyai Suwandi Dusun Baran Tanjungsari-Jenangan.

Para Hafidzah anggota IHM Jenangan tengah mengkhatamkan Alquran
Para Hafidzah anggota IHM Jenangan tengah mengkhatamkan Alquran

Meski sempat terhenti beberapa bulan karena pandemi Covid-19, kini kembali aktif. Kegiatan yang dimulai sejak 2009 ini merupakan agenda rutin PAC Muslimat NU Jenangan. Tepatnya kegiatan ini dilaksanakan Ranting Tanjungsari, Jenangan tiap Ahad legi. Selain untuk sarana anjangsana para Hafidzah, semaan Alquran ini juga untuk pembinaan keagamaan PR Muslimat NU Tanjungsari.

“Semaan Alquran sudah menjadi kegiatan ibadah rutin bagi kami setiap Ahad legi. Selain untuk silaturahmi juga sebagai syiar Islam di Tanjungsari,” kata Hj. Mudrikah Penasehat PR Muslimat NU Tanjungsari.

Sejak pagi pukul 06.00 para pengurus Muslimat NU Tanjungsari sudah memehuhi kediaman tuan rumah untuk memulai semaan Alquran. Acara diawali doa tawassul dengan surah al-Fatihah yang dihadiahkan kepada para arwah leluhurnya, terutama arwah keluarga tuan rumah.

Pengurus Muslimat NU Ranting Tanjungsari aktif menyimak bacaan Alquran
Pengurus Muslimat NU Ranting Tanjungsari aktif menyimak bacaan Alquran

Usai doa tawassul, para hafidzah anggota IHM Jenangan mulai membaca Alquran bi al-ghaib sesuai pembagian juz yang disepakati bersama. Hari itu hanya 3 hafidzah yang hadir, 6 lainnya berhalangan hadir karena berbagai alasan.

“Anggota IHM Jenangan sebanyak 9 orang. Hari ini hanya 3 orang yang dapat mengikuti acara, yang lainnya ada kegiatan lain,” ujar Hj. Estri Mardiana anggota IHM Jenangan.\

Tidak seperti umumnya semaan Alquran yang dilakukan sehari penuh, semaan Ahad legi ini berhenti saat masuk salat dzuhur. Setelah para hafidzah khatam 30 juz, acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan doa.

“Karena masih di masa pandemi, para pengurus sepakat acara dipercepat sehingga mauidah hasanah ditiadakan,” tambah Hj. Estri Mardiana.
Seperti biasa, sebelum acara ditutup para pengurus menyepakati tempat acara pada bulan berikutnya.(dam)

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera