NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Khatmu Alquran PC Muslimat NU Selesaikan Putaran 59

Seorang Hafizah tengah membaca do'a khatmi Alquran di kediamannya
Seorang Hafizah tengah membaca do’a khatmi Alquran di kediamannya

NU Online Ponorogo – Setiap hari Rabu selama masa pandemi Covid-19 Bidang Dakwah PC Muslimat NU Ponorogo menggelar khatmu Alquran secara daring. Periode 10 sampai 16 Juni ini kegiatan yang diikuti Pengurus Cabang dan Anak Cabang se-Ponorogo ini merupakan putaran 59.

Sekedar untuk diketahui, sebelum pandemi khatmu Alquran dilakukan dengan anjangsana dari rumah ke rumah Hafizah. Kegiatan serupa juga rutin digelar di masjid Al-Idris setiap Sabtu Legi.

Kepada NU online Ponorogo Koordinator Bidang Dakwah PC Muslimat NU Ustazah Khalimatul Aliyah menjelaskan khatmu Alquran pada setiap minggunya dibagi 3 majlis.

“Dalam 1 minggu bisa sekali khatam, para pengurus mengikuti membaca Alquran secara individilu setiap hari sesuai pembagian juznya. Khataman dilakukan secara daring pada hari Rabu, ditutup dengan do’a oleh para Hafizah,” ungkapnya.

Mengenai teknis penempatan majlis yang menjadi pusat do’a khatmu Alquran, Bidang Dakwah PC Muslimat memusatkannya di rumah Hafizah yang mendapat giliran membaca do’a. Hafizah ini merekam sendiri dan menyimpannya dalam bentuk video.

“Untuk mengawal teknis daring di setiap majlis khataman ditunjuk seorang admin dari unsur pengurus cabang,” tuturnya.

Admin inilah yang bertugas membagikan rekaman video do’a ke semua penanggungjawab majlis.

“Nah, penanggungjawab majlis membagikan (rekaman video do’a) ke semua anggotanya melalui media WA atau Youtube,” tandasnya.

Sementara Ikatan Hafizah Muslimat (IHM) juga menggelar halaqah khotmi Alquran sendiri.

“IHM dalam seminggu khatam 1 kali, dikhatami setiap kamis sore. IHM membagi 4 majlis, yang berdoa (saat khataman, Red) bergantian,” pungkas Ustazah Khalim.

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera