NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Siswa MTs Al-Islam dan MTs Al-Azhar Raih Predikat Pramuka Garuda

Daftar Gudep Ikut Garuda
Daftar Gudep Ikut Garuda

NU Online Ponorogo – Ratusan sekolah/madrasah di Ponorogo menyediakan layanan pendidikan kepramukaan dan diikuti ribuan anggota aktif Pramuka. Namun, tidak semua mampu mengirimkan Pramua terbaiknya mengikuti seleksi Pramuka Garuda di Kwarcab Ponorogo tahun 2021. Kali ini tercatat 122 anggota Pramuka dari 7 SMP/MTs yang mengikuti seleksi Pramuka Garuda. 7 SMP/MTs itu terdiri dari SMPN 4 Ponorogo, MTsN 2 Ponorogo, MTs Al-Azhar Sampung, MTs (Pondok Pesantren) Al-Islam Joresan, MTs (Pondok Pesantren) Walisongo Ngabar dan MTs (Pondok Pesantren) Al-Iman Putri.

Seperti diketahui, Pramuka Penggalang adalah peserta didik SMP/MTs berusia antara 11-15 tahun yang menjadi anggota Pramuka. Seleksi Pramuka Garuda pada golongan ini hanya dapat diikuti anggota Pramuka jenjang Penggalang Terap. “Bila belum menyelesaikan ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) di jenjang tersebut (Penggalang Terap), maka belum bisa mengikuti ujian seleksi pramuka Garuda baik, di tahap pertama bulan Juli dan tahab kedua di bulan Desember,” ungkap Taufiq Asyhari, S.Pd anggota Tim Penguji/ANCU SAKO Kwarcab Gerakan Pramuka Ponorogo, Sabtu (7/8) kemarin.

Taufiq menambahkan prestasi Pramuka Garuda ini sebagai tolok ukur keberhasilan Gugus Depan dalam melatih, membimbing, mengarahkan serta menghantarkan Pramuka terbaiknya di setiap tahun kalender pendidikan dan pelatihannya. “Pun demikian juga syarat untuk mengikuti seleksi Pramuka Teladan tingkat Daerah dan nasional,” terang Taufiq yang juga salah satu Wakil Sekretaris PCNU Ponorogo ini.

Dalam seleksi Pramuka Garuda ini 2 MTs di bawah naungan LP Maarif NU, MTs Al-Islam Joresan dan MTs Al-Azhar Sampung dapat mengikutsertakan anggota Pramukanya. MTs Al-Islam Joresan mengirim 30 anggota dan MTs Al-Azhar 10 Anggota. Pramuka MTs Al-Islam Joresan yang dinyatakan lulus 19 anggota, 11 anggota lainnya tidak lulus. Kesepuluh anggota Pramuka MTs Al-Azhar Sampung dinyatakan lulus.

Menanggapi keberhasikan kedua madrasah itu, Taufiq mengaku senang. “MTs Al-Islam Joresan dan MTs Al Azar Sampung terbukti selalu aktif dalam mengembangkan pendidikan kepramukaan,” kata mantan Ketua Satuan Komunitas Pramuka Maarif NU Cabang Ponorogo ini.

Tahapan berikutnya, bagi Pramuka Garuda yang dinyatakan lulus masih harus melengkapi berkas, mulai pengumuman tes tulis sampai dengan tanggal 14 Agustus 2021. Selain itu, untuk seleksi Pramuka Garuda gelombang 2 akan dibuka Nopember 2021. “Kami berharap para Pembina Pramuka, terutama di lingkungan LP Ma’arif agar mempersiapkan para anggotanya sebaik-baiknya,” pungkas Taufiq.

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera