NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Khatib Salat Gerhana Bulan Ajak Jama’ah Mohon Do’a Terlepas dari Pandemi Covid-19

Pelaksanaan shalat Gerhana bulan
Pelaksanaan shalat Gerhana bulan

NU Online Ponorogo – Gerhana bulan total terjadi di wilayah Indonesia barat, Rabu (26/5) mulai pukul 16:44.56 WIB sampai pukul 19:52:25 WIB. Awal gerhana terjadi saat bulan masih berada di bawah ufuk, disusul awal gerhana total pada pukul 18:11:20 WIB.
Gerhana bulan total berakhir pada pukul 18:26:02 WIB dan benar-benar berakhir pada pukul 19:52:25 WIB.

NU online Ponorogo memantau langsung pelaksanaan salat gerhana bulan di masjid NU Ponorogo sejak menjelang waktu salat Magrib.

Jamaah dengan khusu' mengikuti khutbah
Jamaah dengan khusu’ mengikuti khutbah

Di masjid NU Ponorogo Ustadz Moh. Ghufron al-Hafiz bertindak sebagai Imam salat sekaligus Khatib. Kurang lebih 100 jama’ah baik dari warga sekitar maupun jamaah yang kebetulan mampir sholat Magrib juga mengikuti gelaran Salat gerhana bulan di masjid kebanggaan warga NU Ponorogo itu.

Salat gerhana bulan dimulai usai para jama’ah melaksanakan salat ba’diyah magrib. Sebelumnya Imam dan Khatib memberikan pengarahan tata cara salat gerhana bulan.

Dalam salat gerhana berjamaah ini diberlakukan dua kali rukuk dan dua kali i’itidal. Pada i’tidal pertama tidak membaca do’a i’tidal, namun kembali membaca surah al-Fatihah dan surah. Setelah sujud kedua pada rakaat pertama, berlaku duduk istirahat. Rukun salat pada rakaat kedua sama dengan rakaat pertama, hanya durasi waktu rakaat kedua dibuat lebih pendek dari rakaat pertama.

Ustadz Moh.Ghufron al-Hafidz saat mengisi khutbah Gerhana Bulan
Ustadz Moh.Ghufron al-Hafidz saat mengisi khutbah Gerhana Bulan

Dalam khutbahnya Ustadz Ghufron mengingatkan, pentingnya mengakui fenomena gerhana bulan sebagai bukti kebesaran Allah. Berdasarkan tuntunan Al Qur’an memang dianjurkan untuk memperbanyak doa saat terjadi gerhana. Ustadz Ghufron tak lupa mengajak jamaah untuk memohon kepada Allah agar pandemi segera berakhir.

Dari laporan NU online, di banyak tempat juga menggelar salat gerhana bulan, di antaranya masjid Agung dan masjid NU Ponorogo. Seperti arahan Lembaga Falakiah PCNU, takmir masjid NU Ponorogo menggelar salat gerhana bulan setelah salat magrib.

Reporter: Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera