Program BBM, Cara RSU Muslimat Ponorogo Tingkatkan Derajat Kesehatan

dr.Riza Mazidu, spesialis urologi RSU Muslimat.
dr.Riza Mazidu, spesialis urologi RSU Muslimat.

Ponorogo-Kondisi pandemi covid-19 tidak menghalangi tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum (RSU) Muslimat Ponorogo untuk terus mengembangkan diri. Kegiatan belajar dan refresh kelimuan melalui seminar online atau biasa di sebut dengan webinar menjadi salah satu pilihannya. Hal itu, untuk mewujudkan derajat layanan kesehatan yang optimal bagi user RSU Muslimat Ponorogo.

Dilansir dari nu online, upaya RSU Muslimat Ponorogo dalam layanan kesehatan harus dilakukan secara terpadu dan menyeluruh. Layanan kesehatan, baik dalam bentuk upaya kesehatan perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat harus diselenggarakan dalam bentuk kegiatan dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dilaksanakan secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan.

“Dalam kegiatan tersebut RSU Muslimat Ponorogo berpartisipasi dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal dengan memberikan pelayanan kesehatan paripurna melalui Tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit),” kata dr. Riza Mazidu kepada NU Online, Rabu (14/10/2020).

dr. Riza yang specialis urologi ini mengungkap kegiatan yang dilakukan di masa pandemi Covid -19 ini adalah dengan pemberian informasi dan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat melalui media online untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat ponorogo pada khususnya.

“Tim PKRS RSU Muslimat Ponorogo mengadakan sebuah kegiatan yang dinamakan Talkshow BBM (Bincang-Bincang Medis) yang akan dimulai pada bulan Oktober 2020 ini sampai dengan akhir Desember 2020, dengan metode Zoominar dengan streaming youtube sehingga bisa di ikuti oleh siapapun dan dimanapun,” paparnya.

Masih lanjut dr. Riza tujuan dari BBM ini selain untuk memperkenalkan tenaga medis ( dokter Umum, dokter Gigi, dokter Spesialis ), dan Tenaga Kesehatan RSU Muslimat Ponorogo juga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dalam hal ini, Promosi Kesehatan terutama di masa Pandemi Covid-19. Dengan program BBM ini di harapkan akan meningkatkan pengetahuan Tenaga Medis dan masyarakat di Ponorogo dan sekitarnya.

“Sasaran dari program ini adalah tenaga kesehatan di Ponorogo bidan/ perawat/ dokter dan masyarakat umum,” jelasnya.

Ia menambahkan narasumber program BBM ini adalah Dokter Spesialis,Dokter Umum/ Dokter Gigi, Ahli Gizi, Fisioterapis, Perawat dan Bidan yang ada di RSU Muslimat Ponorogo yang akan mengisi materi secara bergantian melalui webinar. Selain penyampaian materi akan ada sesi tanya jawab setelah pemaparan materi.

“Program BBM yang pertama sdh di laksanakan hari sabtu, 10 Oktober 2020 dengan pemateri dr. Kautsar Sp. A dan dr. Adhitya Sp. OG,” tambah Dia.

Salah satu gedung RSU Muslimat tampak dari depan
Salah satu gedung RSU Muslimat tampak dari depan

Program BBM kedua di laksanakan Jumat (16/10) dengan materi kegawardarutan urologi yang diampu dr. Riza sendiri.

Urologi sendiri spesialis yang menangani keluhan saluran kencing baik laki-laki maupun perempuan seperti kencing darah, kencing batu, susah kencing, dll.

Saat dikonfirmasi nu ponorogo online melaui WA menjelang acara dimulai, dr.Riza menyatakan, di masa pandemi pihaknya menganjurkan untuk tidak ke rumah sakit kalau tidak dalam kondisi emergency. Oleh karena itu Tim PKRS harus mengenal kegawadararutan di bidang urologi, sehingga pasien diharuskan segera dibawa ke rumah sakit.

“Tema ini saya pilih karena di masa pandemi ini masyarakat memang sebaiknya tidak ke rumah sakit apabila tidak dalam keadaan gawat atau darurat. Oleh karena itu selain tenaga kesehatan masyarakat juga harus tahu apa saja kegawadaruratan bidang urologi yang mengharuskan untuk segera di bawa ke rumah sakit,” pungkasnya.

by Eko Yoga Fathul Kariem

Silahkan share:
  TwitterFacebookWhatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *