NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Ciptakan Wirausaha, Anggota Muslimat NU Ikut Pelatihan Menjahit dan Pemasaran online

NU online Ponorogo – Dalam rangka meningkatkan keterampilan anggota, PC Muslimat NU Ponorogo bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) menggelar Pembekalan Wirausaha Baru Melalui Teknologi Tepat Guna. Materi pembekalan berupa pelatihan menjahit konveksi dan pemasaran online. Acara digelar di aula Ponpes Al-Idris Ponorogo, selama tiga hari, Jum’at sampai Ahad (27/11 – 29/11).

Aktifitas PC Muslimat NU saat menggelar pembekalan wirausaha baru menjahit konveksi dan pemasaran online
Aktifitas PC Muslimat NU saat menggelar pembekalan wirausaha baru menjahit konveksi dan pemasaran online

“Alhamdulillah, Kemnaker menyediakan mesin jahit untuk digunakan sebagai media dalam menumbuhkan semangat kepada masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya,” ungkap Hj. Tufy Laili Ketua PC Muslimat NU kepada NU online Ponorogo usai acara penutupan, Ahad (29/11).

Lebih lanjut dikatakan Hj. Tufy, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan semangat kewirausahaan bagi masyarakat. Apalagi saat pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak masyarakat yang kesulitan dalam berusaha.

“Karena itu, bekerja sama dengan Kemnaker, Muslimat NU menggelar pelatihan kewirausahaan ini,” ujar Hj. Tufy kepada NU online Ponorogo, Ahad (29/11).

Pelatihan ini diikuti sektar 20 peserta dengan melibatkan pengurus anak cabang (PAC) Muslimat NU se-Kabupaten Ponorogo. Ada 21 delegasi PAC dan ditambahkan sejumlah anggota Muslimat NU lainnya.

Foto Aktifitas Peserta saat pembekalan wirausaha baru menjahit konveksi
Foto Aktifitas Peserta saat pembekalan wirausaha baru menjahit konveksi

Pada hari pertama setelah pembukaan, peserta mengikuti materi kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan tenaga kerja mandiri yang disampaikan pejabat Kemnaker. Materi berikutnya Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan tenaga kerja mandiri oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur dan Motivasi Wirausaha Sukses oleh PW Muslimat NU Jawa Timur. Semua materi hari pertama disampaikan menggunakan media zoom meeting.

Pembekalan wirausaha baru menjahit konveksi dan pemasaran online
Pembekalan wirausaha baru menjahit konveksi dan pemasaran online oleh PW Muslimat Jawa Timur

Pada hari kedua peserta dikenalkan cara mengelola keuangan usaha dan pemasaran hasil usaha secara online. Selanjutnya peserta dibimbing tutor melakukan praktik menjahit menggunakan mesin jahit bantuan Kemnaker. Kegiatan praktik menjahit yang dimulai di sesi kedua ini berlanjut hingga berakhir pada hari ketiga.

Pada acara penutupan Hj. Tufy mewakili PC Muslimat NU Ponorogo dan Panitia menyampaikan apresiasi kepada Kemnaker yang mempercayakan pelatihan kewirausahaan ini

“Semoga apa yang menjadi agenda pemerintah berjalan dengan baik dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat,” pungkas Hj. Tufy. (dam)

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera