NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Fatayat NU dan Muslimat NU Bangunrejo Keliling Dukuh Bagikan Santunan Yatim-Piatu

Jajaran pengurus PR Fatayat dan Muslimat NU Bangunrejo berpose bersama para anak yatim-piatu
Jajaran pengurus PR Fatayat dan Muslimat NU Bangunrejo berpose bersama para anak yatim-piatu

NU Online Ponorogo – Santunan yatim-piatu telah mejadi program rutin Pengurus Ranting (PR) Fatayat NU dan Muslimat NU Bangunrejo (Sukorejo) setiap tahun. Program ini dilakukan pada hari Asyura yang jatuh setiap tanggal 10 Muharram.

Tahun ini kegiatan santunan yatim kembali digelar, Kamis (19/8).
Namun dalam pelaksanaanya, kegiatan tahunan ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Sebelumnya, kegiatan santunan anak yatim dan piatu dilaksanakan pada satu tempat, dengan mendatangkan anak yatim dan piatu ke tempat tersebut,” kata Nanik ketua PR Fatayat NU Bangunrejo.

Namun, kata dia selanjutnya, karena pandemi Covid-19 yang masih mengancam dan adanya aturan pembatasan kegiatan sosial, akhirnya panitia pelaksana kegiatan harus membuat inovasi. “Agar kegiatan rutin tahunan tersebut dapat tetap terlaksana,” ucap dia.

“Sebelum adanya pandemi Covid-19, kegiatan santunan anak yatim-piatu kami laksanakan di Masjid, kemudian dilanjutkan dengan pengajian umum,” jelas Nanik.

Saat musyawarah pengurus timbul gagasan pelaksanaan santunan yatim-piatu dengan cara safari. Ini dilakukan untuk menghindari kerumunan. Pengurus menyalurkan santunan secara bergiliran dari satu Dukuh ke Dukuh lainnya. “Dimulai dari dukuh Walikukun, dilanjutkan Dukuh Ngambakan, kemudian Dukuh Sooko, dan terakhir Dukuh Dasun,” terangnya.

“Tentu kami lakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” imbuhnya.

Safari santunan anak yatim-piatu itu direspon positif Kepala Desa Bangunrejo Edi Suwito. Diungkapkannya saat member sambutan pada acara pembukaan kegiatan santunan ini.

Seorang anak-yatim menerima paket santunan yang dihimpun PR Fatayat dan Muslimat NU Bangunrejo, Sukorejo
Seorang anak-yatim menerima paket santunan yang dihimpun PR Fatayat dan Muslimat NU Bangunrejo, Sukorejo

“Apresiasi dari kami kepada Fatayat dan Muslimat NU Bangunrejo, meskipun di tengah pandemi dapat melaksanakan santunan anak yatim dan piatu meskipun dilaksanakan dengan sederhana,” ucap Edi.

Di akhir sambutannya Edi berharap agar tahun depan kegiatan ini dapat berjalan dengan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Saat itu pula Ketua PR Muslimat NU Bangunrejo Katemi menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah membantu kegiatan santunan.

“Utamanya kepada para donatur dan para panitia yang dengan sangat baik menyelenggarakan kegiatan ini,” ucap Katemi di depan undangan yang hadir hari itu.

Ungkapan serupa disampaikan ketua Pengurus Ranting NU Bangunrejo Muhammad Yasin Yusa’. “Semoga dengan kegiatan ini bapak ibu sekalian ditata kehidupannya, keluarganya oleh Allah Swt dan mendapatan Ridho-Nya dan keberkahan selalu menyertainya,” harapnya.

Diperoleh keterangan dari panitia, dalam waktu singkat mereka dapat mengumpulkan donasi sebesar Rp. 45.000.000,- Uang sejumlah itu kemudian dibagikan kepada 25 anak yatim-piatu.

Reporter: Muhlas H
Editor : Idam

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera