NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Lama Vakum, Ansor Sekaran Siapkan Rijalul Ansor Perdana

Rapat pembentukan pengurus PR GP Ansor Sekaran
Rapat pembentukan pengurus PR GP Ansor Sekaran

NU Online Ponorogo – PR GP Ansor Sekaran Siman telah lama tidak memiliki kepengurusan. Meski banyak kader muda NU yang berkecimpung di kepengurusan MWC NU maupun Cabang, namun belum berhasi merekrut kader yang mampu membentuk kepengurusan. Para kader yang telah di aktif di tingkat cabang berinisiatif untuk membentuk kembali kepengurusan PR GP Ansor Sekaran. Pertemuan hari Senin (1/3) yang dihadiri perwakilan PAC GP Ansor Siman dan kader GP Ansor setempat berhasil memilih Muchtar Azhari sebagai ketua PR GP Ansor Sekaran.

Begitu terpilih Muhtar mengajak semua yang hadir untuk bermusyawarah tentang upaya menggairahkan kembal GP Ansor di Sekaran. Dalam pengantar musyawarah, Muchtar menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan kesolidan barisan, karena PR GP Ansor Ansor sudah sekian lama mati suri.

“Sebagai organisasi yang baru, kekompakan dan soliditas anggota perlu kita bentuk dan kita matangkan,” ungkap Muhtar.

PR GP Ansor Sekaran, lanjut Muhtar, akan mengajak perwakilan pemuda dari seluruh lingkungan di Desa Sekaran untuk bergabung di Ansor.

“Ansor Sekaran sangat terbuka untuk seluruh pemuda,” tegasnya.

Muhtar juga menegaskan, berdirinya Ansor di desa Sekaran bukan sebagai pesaing organisasi-organisasi pemuda yang sudah terbentuk, melainkan diharapkan dapat bersinergi melalui kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas pemuda.

“Ansor sebagai organisasi pemuda saya harap dapat bersinergi dengan karang taruna yang telah dibentuk. Mungkin diantara anggota ansor juga anggota karang taruna, begitu juga sebaliknya, artinya saling mengisi satu sama lain dan berjalan bersama,” tambahnya.

Sementara itu, koordinator Departemen Pendidikan dan Kaderisasi terpilih, Azmi Mustaqim menyebut, kagiatan diawal kepengurusan ini sementara berfokus pada amaliyah an nahdliyah.

“Di awal-awal kepengurusan ini sebaiknya kita fokus pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya amaliyah an nadliyah, yang sudah sering dijalankan oleh Ansor, misalnya MDS Rijalul Ansor,” usul Azmi

Azmi menyebut, MDS Rijalul Ansor dapat dikemas sedikit berbeda, dengan melibatkan masyarakat masjid setempat beserta pemuda. “Diutamakan mengajak para pemuda, karena itu fokus kita pemuda, dan yang pasti tetap patuhi prokes,” terangnya.

Usul Azmi diterima semua pengurus, dan disepakati MDS Rijalul Ansor sebagai bentuk launching perdana kebangkitan PR GP Ansor Sekaran meskipun belum secara resmi dilantik.
“Kita (PR GP Ansor, Red) mengadakan Rijalul Ansor dulu saja sebelum dilantik sebagai kegiatan perdana. Sambil menunggu situasi pandemi membaik nanti kita atur untuk selanjutnya pelantikan,” tutup Muchtar. (Atta)

Reporter: Atta
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera