Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera

NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

MTS–MA Ma’arif Al Mukarrom Terapkan Integrasi Sistem Berbasis Daring

Pengurus LP Ma’arif PWNU Jatim, Ahmad Fanani, tampil sebagai narasumber dalam workshop, 13-14 Nopember 2020

NU Online Ponorogo – MTs-MA Ma’arif Al Mukarom Kauman melakukan terobosan baru dalam hal manajemen dan tata kelola. Seiring dengan perkembangan teknologi, khususya teknologi informasi, kedua lembaga pendidikan tersebut sedang merancang sebuah Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis daring.

“Untuk tahap awal, kita akan mulai dari pembayaran SPP. Sekarang kita sedang merancang sistem pembayaran SPP berbasis daring. Ke depannya nanti akan menuju pada layanan tata usaha terintegrasi berbasis daring, baik administrasi maupun pembelajaran,” ungkap Agus Yahya, Kepala MTs Ma’arif Al Mukarom Kauman kepada NU Online Ponorogo.

Agus Yahya mengatakan, pembuatan SIM membutuhkan perpaduan antara perangkat hardware dan software. Dengan SIM ini, lembaga pendidikan bisa menjamin layanan administrasi dan tata usaha yang lebih efektif dan efisien. Bidikan pertamanya adalah pengkatan kapasitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. “Membangun sistem administrasi dan tata usaha itu membutuhkan sinergitas kerja guru dan karyawan. Makanya kita adakan workshop peningkatan mutu,” jelasnya.

Kegiatan workshop digelar pada 14-15 Nopember 2020 lalu di Hotel Rejeki Sarangan, Magetan. Diikuti sekitar 50 peserta dari unsur pimpinan, tenaga pendidik dan kependidikan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari itu berisi materi tentang motivasi kerja, peningkatan kualitas guru dan manajemen tata usaha terintegeasi.

Kepala MA Ma’arif Al Mukarom Kauman menambahkan, peningkatkan mutu pendidikan memerlukan kemandirian dan inisiatif madrasah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia. “Sumber daya internal kita perlu didorong agar mampu bernisiatif dalam pengembangan madrasah secara mandiri,” katanya.

 

 

Informasi terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *