NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Penuhi Target SIMAS, Pergunu Dapat Kuota Beasiswa S-1 dan S-2 Tahun 2021

NU online Ponorogo – Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Pergunu) kembali memberikan beasiswa kuliah S-1 dan S-2 kepada kader NU di seluruh Inonesia. PC Pergunu Ponorogo tidak ketinggalan ikut ambil bagian pada program tersebut.

Jajaran pengurus PC Pergunu berpoto bersama saat anjagsana

“Sejak 2016 PC Pergunu Ponorogo memfasilitasi pemberian beasiswa dari PP Pergunu,” ungkap Muhtar Wahid Ketua PC Pergunu Ponorogo kepada *NU online Ponorogo* (1/12).
PC Pergunu Ponorogo tahun 2020 ini berhak mengirimkan 2 orang kadernya untuk mengikuti program beasiswa untuk kuliah di IKHAC sekaligus mondok di Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Menurut Muhtar, kuota yang diberikan kepada PC Pergunu Ponorogo 1 orang untuk kuliah S-1 dan 1 orang kuliah S-2.
“Tapi sampai pendaftaran ditutup hanya beasiswa S-1 yang ada peminatnya, untuk S-2 sampai sekarang masih belum ada yang mendaftar,” terang Muhtar.
Tidak semua PC Pergunu mendapat kesempatan untuk mengirimkan calon penerima beasiswa. Sebagaimana dilansir dari surat edaran PW Pergunu Jawa Timur Nomor : 077/PW/B/Pergunu/13/VII/2020 Tentang Beasiswa S-1 dan S-2 Pergunu Tahun 2020, PC Pergunu yang berhak mengajukan calon penerima beasiswa adalah yang telah memiliki anggota terdaftar di SIMAS Pergunu minimal sejumlah 50 orang.
Surat edaran ini juga menyebutkan, PC Pergunu yang telah memiliki jumlah anggota yang terdaftar di SIMAS Pergunu sebanyak 1.000 orang atau lebih berhak mendapat kuota 2 orang untuk beasiswa S-1 dan 2 orang untuk beasiswa S-2. PC Pergunu dengan jumlah anggota yang terdaftar pada SIMAS Pergunu 500 orang sampai dengan 999 berhak mendapat kuota 2 orang untuk beasiswa S-1 dan 1 orang untuk S-2.
Untuk jumlah anggota yang terdaftar di SIMAS Pergunu 100 orang sampai dengan 499 orang memperoleh kuota 1 orang untuk beasiswa S-1 dan 1 orang untuk beasiswa S-2. Apabila PC Pergunu hanya mampu mendaftarkan 50 sampai 99 orang anggotanya di SIMAS Pergunu, maka kuota hanya untuk 1 orang penerima beasiswa S-1.
“Sampai saat ini Ponorogo (PC Pergunu, Red) memiliki anggota yang terdaftar di SIMAS Pergunu sebanyak 217 orang. Berarti berada di antara angka 100 sampai 499 orang, dan kita (PC Pergunu Ponorogo, Red) mendapat kuota 1 beasiswa S-1 dan 1 beasiswa S-2,” jelas Muhtar.
Sementara itu, selain mendukung progam beasiswa PC Pergunu kembali memulai rutinan anjangsana pengurus dan kajian kitab Hujjah ahli sunnah wal jamaah. Terbaru, PC Pergunu mengadakan anjangsana di rumah Yazid Yasruqi di Desa Kalisat Kecamatan Bungkal (27/11).
“Ini adalah acara anjangsana pertama setelah Kenduri Tolak Bala’ dalam rangka peringatan hari santri, Oktober yang lalu,” ujar Muhtar.
Selain sebagai sarana konsolidasi internal pengurus, anjangsana dibuat untuk membahas kegiatan seputar keguruan.
“Untuk anjangsana ini, agendanya adalah evaluasi program tahunan, termasuk penentuan penerima beasiswa S-1,” pungkas Muhtar. (dam)

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera