Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera

NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Semua Potensi NU Sawoo Meriahkan Peringatan Hari Santri

K.Nawawi, ketua MWC NU Sawoo saat mengisi tausiyah di acara majelis dzikir-sholawat dan taklim Nahdlatut Thulab
K.Nawawi, ketua MWC NU Sawoo saat mengisi tausiyah di acara majelis dzikir-sholawat dan taklim Nahdlatut Thulab

NU online Ponorogo – Beberapa MWCNU di Kabupaten Ponorogo minggu-mingu ini mengadakan peringatan Hari Santri tahun 2020. Pengurus MWC NU Sawoo misalnya, telah menyelesaikan beberapa agenda menyambut Hari Santri 2020 yang dipusatkan di Dusun Pandan Desa Grogol Kecamatan Sawoo (18/10). Di antaranya gelaran baksos pemberian santunan, lomba tartil dan adzan untuk anak-anak. Untuk orang dewasa disediakan lomba tarik tambang dan nyunggi tampah. Kegiatan lomba juga dimeriahkan penampilan berbagai group hadrah Muslimat NU yang ada di Dusun Pandan.

“Kami sengaja mengadakan berbagai lomba agar potensi NU Sawoo dapat diberdayakan,” ungkap K. Imam Nawawi Ketua MWC NU Sawoo.

Tidak hanya itu, mengiringi perhelatan kirab do’a pager bumi KH. Hasyim Asyari yang ditangani PAC GP Ansor, MWC NU Sawoo menggelar ziarah makam para pelopor NU Sawoo, di antaranya makam mbah Rahwin di Prayungan, petilasan Sunan Kumbul di Desa Sawo dan makam Gedong dan Ki Ageng Ratmojo di Desa Grogol sawoo.

Ziarah makam di salah satu tokoh pelopor NU Sawoo
Ziarah makam di salah satu tokoh pelopor NU Sawoo

“Kami berterimakasih kepada sahabat-sahabat Ansor yang telah mensupport peringatan hari santri,” kata K. Imam Nawawi.

Perjalanan rombongan kirab doa pager bumi KH. Hasyim Asyari sendiri sampai di wilayah Sawoo setelah melewati beberapa kecamatan. Sebelum sampai di Sawoo, rombongan kirab melewati wilayah kecamatan Mlarak, dan berikutnya melanjutkan perjalanan ke wilayah kecamatan Bungkal.

Prosesi penyerahan pataka NU dari PAC GP Ansor Mlarak kepada PAC GP Ansor Sawoo berlangsung dengan khidmat. Jajaran Pengurus MWC NU Sawoo dan Banom nampak hadir di upacara penyerahan pataka NU. Semuanya juga mengikuti ziarah makam dalam rangkaian hari santri yang diadakan MWC NU Sawoo.

Puncak acara hari santri dikemas dalam acara rutinan majlis dzikr-shalawat dan talim “Nahdlatut Thulab” yang digawangi PAC IPNU-IPPNU Sawoo (18/10). Dalam kesempatan ini panitia perlombaan hari santri membagikan hadiah dan menyuguhkan penampilan group hadrah Muslimat NU Pandan.

Penyerahan hadiah pemenang lomba Hari Santri Nasional
Penyerahan hadiah pemenang lomba Hari Santri Nasional

Kemeriahan sangat terasa menghiasi setiap perhelatan lomba. Masyarakat setempat, sebagian besar para warga NU memadati tempat acara sepanjang waktu perlombaab berlangsung. Meskipun bernilai tidak seberapa panitia tetap menyediakan hadiah hiburan. Keceriaan nampak dari wajah-wajah para peserta lomba yang berhasil meraih kejuaraan. Yang kalah pun demikian, mereka tetap bersemangat meskipun belum berhasil.

Masa pandemi covid-19 tampak tidak menyurutkan semangat warga NU Sawoo untuk memeriahkan hari santri kali ini. Mereka hadir tetap menaati protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

“Kami bersyukur, dalam kondisi pandemi ini, seluruh komponen NU Sawoo masih bisa memperingati hari santri dengan penuh hidmat,” pungkas K. Imam Nawawi. (dam)

Reporter: idam
Editor: budi

Informasi terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *