NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Usaha dan Do’a, Cara Kader GP Ansor-Banser Cegah Penyebaran Covid-19

NU Online Ponorogo – Setelah LKKNU Cabang Ponorogo menginiasiasi penyemprotan disinfektan di masjid-masjid bersama warga, para kader GP Ansor dan Banser Ngrupit, Jenangan menyusul kegiatan yang sama. Pada pemberitaan NU Online Ponorogo sebelumnya, Ahad (27/6), LKKNU Cabang Ponorogo menggandeng warga Kelurahan Kepatihan dan Pakunden menyemprotkan disinfektan di lingkungan masjid dan musala.

Jika LKKNU Cabang Ponorogo menggunakan disinfektan buatan sendiri dari perpaduan cairan pemutih dan cairan pencuci lantai, tidak demikian halnya dengan Pengurus Ranting GP Ansor dan Satkorkel Banser Ngrupit. Pengurus setempat mengerahkan anggotanya untuk menyemprotkan disinfektan produk PT. MUE ditambah HOCL. Rohmat Abidin Ketua PR GP Ansor Ngrupit mengaku penyemprotan disinfektan ini inisiatif Jupri, salah satu aktivis Banser Desanya.

“Ini tadi dapat bantuan dari sahabat kita, sahabat Jupri,” kata Rohmad kepada NU online Ponorogo usai kegiatan, Jumat (2/7).

Jupri membenarkan, ia menginisiasi penyemprotan disinfektan ini sebagai usaha untuk memutus mata rantai Corona. Sehingga warga masyarakat Ngrupit pada khususnya bisa terhindar dari virus berbahaya itu.

Jupri menjamin disinfektan yang digunakannya 100 persen tidak mengandung alkohol namun bisa membunuh bakteri termasuk Covid19. “Disinfektan ini buatan Korea, didatangkan langsung dari Jakarta,” ungkapnya.

Direncanakan, Minggu (4/7) Satkorkel Banser Ngrupit akan kembali melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan Desa Ngrupit, termasuk rumah-rumah warga.

Sementara Pimpinan Cabang Majlis Dzikir dan Salawat (MDS) Rijalul Ansor Ponorogo merilis edaran sebagai lanjutan dari instruksi PP GP Ansor, berisi anjuran membaca surah Yaasin selepas salat Magrib,. Melalui surat nomor: 038/MDS-RA/VII/2021 yang ditandatangi Ketua Imam Mahfudz dan Sekretaris Syamsudin, PC MDS Rijalul Ansor Ponorogo meminta seluruh Pimpinan Anak Cabang di bawah koordinasinya untuk melanjutkan anjuran ini kepada seluruh Pengurus Ranting.

“Ini ikhtiar kami untuk memohon pertolongan Allah, agar wabah ini (Covid-19, Red) segera berakhir,” kata Syamsudin Sekretaris PC MDS Rijalul Ansor Ponorogo.

Disebut pula dalam edaran tersebut, pembacaan surah Yaasin agar dilaksanakan di rumah masing-masing. PC MDS Rijalul Ansor mensyaratkan keabsahan pembacaan surah Yaasin secara berjama’ah di masjid atau musala hanya pada lokasi yang dinyatakan sebagai zona hijau. Dianjurkan para pengurus tetap memperhatikan edaran Bupati Ponorogo mengenai PPKM.

 

Reporter: Gayo/Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera