NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

IKLAN

Penyaluran Zakat Pertanian dan Sedekah Hasil Bumi Libatkan Banom

Penyaluran sedekah hasil bumi dan zakat pertanian oleh JPZIS Anak Ranting NU Klego
Penyaluran sedekah hasil bumi dan zakat pertanian oleh JPZIS Anak Ranting NU Klego

NU Online Ponorogo – Jaringan Pengelola Zakat Infaq Shadaqah (JPZIS) Pengurus Anak Ranting (PAR) NU Klego dan pengurus Badan Otonom (Banom) NU Ranting Mrican menunjukkan kekompakannya. Ini ditunjukkan dengan jalinan kerjasama dalam penyaluran zakat pertanian dan sedekah hasil bumi, Jum’at (30/4) lalu.

Penyaluran zakat dan shodaqoh di Klego tidaklah terjadi begitu saja. Hasil ini merupakan buah sosialisasi JPZIS yang intens melalui berbagai majlis zikir, seperti yasinan, barjanji dan manaqib. Sosialisasi di berbagai majlis zikir ini dilakukan pengurus NU setempat dibantu semua banom NU.

Imam Ghozali ketua JPZIS PAR NU Klego menyatakan zakat dan shodaqoh hasil bumi menunjukkan kesadaran warga NU di wilayahnya dalam pengamalan rukun islam yang ketiga, yaitu menunaikan ibadah zakat.

Pengurus Banom NU Ranting Mrican turun langsung memberikan sedekah hasil bumi dan zakat pertanian kepada fakir miskin
Pengurus Banom NU Ranting Mrican turun langsung memberikan sedekah hasil bumi dan zakat pertanian kepada fakir miskin

Ghozali juga menyebut hasil pengumpulan zakat dan shodaqoh hasil bumi tahun ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ini (peningkatan zakat dan shodaqoh, Red) merupakan bentuk kesadaran yang positif dari masyarakat akan wajib zakat dan akan pentingnya makna shodaqoh,” tandas Ghozali.

Hakim Pribadi ketua PR NU Mrican mengapresiasi kegiatan penyadaran atas kewajiban menunaikan zakat pertanian dilakukan oleh JPZIS anak ranting Klego Mrican.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan seperti ini kehadiran NU dapat dirasakan oleh Nahdliyin yang merupakan mustahiq sehingga bermanfaat membentengi faham yang tidak sejalan dengan NU,” kata Hakim.

Manfaat zakat dan shodaqoh diakui Mujiono salah satu mustahiq. Tak henti-hentinya ia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang berjuang membantunya. “Semoga selalu diberi kesehatan dan diberi kelancaran serta diberkahi oleh Allah SWT,” harapnya.

Reporter : Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera