NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Buka Matsama, Kepala MA Al-Mukarrom Tegaskan Komitmen pada Visi Madrasah

Kepala MA Maarif Al-Mukarrom saat membuka Matsama menegaskan perlunya peneguhan visi madrasah
Kepala MA Maarif Al-Mukarrom saat membuka Matsama menegaskan perlunya peneguhan visi madrasah

NU Online Ponorogo – Kepala Madrasah Aliyah (MA) Maarif Al-Mukarrom, Kauman Eny Zahroh, S.H.I resmi membuka kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2021/2022, Senin (12/7). Matsama digelar secara online melalui kanal Youtube.

Eny menyampaikan kegiatan Matsama menjadi titik awal interaksi peserta didik dengan warga madrasah. Meski Matsama harus dilakukan secara online karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. “Bagaimanapun caranya, pembelajaran setahun ke depan harus tetap dilaksanakan, baik online maupun offline,” tandasnya.
Sekedar diketahui, Matsama yang dilakukan secara online berpedoman pada Panduan Pelaksanaan Matsama Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Tahun 2021. Disebutkan bahwa Matsama dilakukan secara virtual atau penugasan untuk zona merah dan kuning bagi yang memiliki akses jaringan internet.

Di tengah sambutannya Eny mengucapkan selamat bergabung kepada para peserta didik baru menjadi siswa MTs/MA Maarif Al-Mukarrom. Untuk pertama kalinya, ia mengenalkan visi MA Maarif Al-Mukkarom.
Disebutkan, visi lembaganya ingin menjadikan lulusan yang beriman, berilmu, berpengetahuan, berteknologi, berakhlak karimah berlandaskan ajaran ahlussunnah waljama’ah. “Inilah pijakan madrasah, bagaimana menjadikan peserta didik sesuai visi madrasah ini,” terangnya dalam tayangan youtube.

Lebih lanjut Eni menambahkan tujuan matsama sebagai upaya memperkenalkan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru, sekaligus penyampaian sistem pembelajaran tahun ajaran 2020/2021.

Eny berharap agar peserta didik baru secara serius mengikuti kegiatan Matsama, agar pengetahuan dan pengalaman yang diberikan pemateri dapat dipahami dengan baik. “Kalau ada tugas dari panitia, mohon dikerjakan sesuai jadwal yang ditentukan panitia,” harapnya.

Sementara Matsama akan berlangsung hingga hari Rabu (14/7). Setelah hari ini diisi pembukaan dan pengarahan, hari ke-2 disampaikan materi 1 Selayang Pandang Madrasah oleh Waka Kurikulum Imam Mahmud, S. Pd, S.H.I dan materi 2 Kegiatan kesiswaan oleh Pembina Ekskul M. Rohani, S. Pd. I. Hari ke-3 penutupan oleh Kepala MTs Drs. Agus Yahya.

Materi dan metode yang diberikan sesuai dengan juknis matsama diantaranya, Sosio-demografi Madrasah, tata tertib, struktur organisasi madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan, kegiatan dan organisasi kesiswaan, prestasi dan alumni, kesetaraan dan anti diskriminasi.

Reporter: Albanani/Idam
Editor : Budi

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera