NU PONOROGO

Official Website PCNU Ponorogo

Peringati Harlah, PP Putri Al Munjiyah Gelar Lomba dan Tasyakuran

NU Online Ponorogo – Dalam rangka menyemarakkan HUT Republik Indonesia ke-76 sekaligus Hari Lahir (harlah) ke-41, Pondok Pesantren (PP) Putri Al-Munjiyah mengadakan serangkaian lomba. Acara yang digelar selama 3 hari, 20-22 Agustus 2021, berlangsung meriah. Peringatan harlah ditutup dengan tasyakuran dan pembacaan doa.

Pengasuh PP Putri Al-Munjiyah KH Ayyub Ahdian Syam mengatakan, peringatan harlah ini diadakan untuk mengenang perjuangan muassis (KH Ahmad Tadjuddin, Red) dalam mendirikan pesantren sekaligus mensyiarkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah di lingkungan Durisawo. Momentum ini sekaligus untuk memperteguh visi dan misi pesantren sesuai amanat muassis. “Kami juga ingin mensyukuri nikmat atas lahirnya pesantren ini,” kata Kyai Ayyub.

Lebih jauh dikatakan Sekretaris PP Putra Al-Munjiyah, Ahmad Ismi Muhaimin, kegiatan peringatan harlah diikuti sekitar 700 santri. Baik santri putra maupun santri putri. Di hari pertama, acara lomba dilaksanakan dipusatkan di 2 tempat. Yakni pondok putra dan pondok putri. Kegiatannya berupa lomba estafet, lomba benang jarum, lomba tampah pingpong, lomba rangkai kata dan beragam lomba lainnya.

“Hari kedua, jenis lombanya agak berbeda. Lebih ilmiah dan menonjolkan kreatifas seni. Misalnya lomba kreasi nadhom, lomba pidato, lomba hadroh Al-Banjari, lomba jingle sholawat, juga lomba musabaqoh hifdzil quran,” terang Ahmad.

Peringatan harlah ditutup dengan acara tasyakuran. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Yaa Lal Wathan, pengumuman pemenang lomba sekaligus pembagian hadiah. Puncaknya, pemotongan tumpeng oleh pengasuh pesantren.

Sekedar informasi, pesantren ini berada di Jalan Lawu Kelurahan Nologaten, Kecaamatan Ponorogo. Pondok pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Tadjuddin pada tanggal 22 Agustus 1980 ini. Saat ini, pesantren yang berada di komplek Durisawo itu memiliki 4 lembaga pendidikan formal. Yaitu Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Tahfidzul Quran.

PP Putri Al-Munjiyah mempersiapkan lulusannya agar menjadi generasi santri yang berakhlaq mulia, ilmiah, diniyah, terampil serta profesional. “Itulah yang menjadi visi pesantren ini. Sesuai dengan amanat muasis,” pungkas Kyai Ayyub.

 

Reporter : Idam

Editor : Lege

Informasi terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PONOROGO mengimbau kepada Nahdliyin untuk senantiasa Menjaga Kesehatan, Mematuhi Instruksi, Himbauan, dan Protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Physical Distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama, serta Memperbanyak Doa dan Amaliyah sebagaimana instruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera